19
Feb
09

Konsultan akustik? Apa perlu?

Apa perlu menggunakan konsultan akustik? Pertanyaan seperti ini sering datang dari client yang kadang belum memahami dengan baik akan kebutuhannya. Dalam perancangan ruang seperti auditorium, concert hall, studio, gereja dan sebagainya seringkali mengabaikan perencanaan dan perancangan dari sisi akustik sehingga ruangan tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Akibatnya adalah seringkali setelah ruangan selesai masih diperlukan berbagai pebaikan perbaikan sehubungan dengan pencapaian kondisi akustik yang memadai, yang kadang justru membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan apabila sudah direncanakan dari awal.

impresi-awal-rulyan-ali

Kenyamanan dalam suatu lingkungan buatan dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok utama yakni kenyamanan audio, kenyamanan visual dan kenyamanan termal.

Kenyamanan audio dapat dicapai dengan perancangan akustik dan perancangan tata suara dan dimana dalam perancangannya dibutuhkan pertimbangan teknis dan teknologi. Sedangkan kenyamanan visual meliputi interior, tata cahaya dan multi media.
Perancangan akustik ruang ditujukan untuk menghasilkan kondisi akustik optimal di dalam ruangan sesuai dengan fungsi ruangan seperti ruangan auditorium, concert hall, Aula, ruang serba guna (multipurpose room), ruang studio (broadcasting and recording studios), ruang pertemuan (meeting rooms), video conference room, tempat ibadah (church, mosque) dan lain lain.

Dalam perancangan akustik ruang, terdapat parameter-parameter akustik yang diperlukan. Parameter yang sering digunakan antara lain adalah waktu dengung, distribusi tingkat tekanan suara, initial time delay (ITD), clarity (C80), RASTI, dan sebagainya

Parameter-parameter akustik ruang harus dapat diatur dan disesuaikan dengan aktifitas dan tujuan pemakaian ruangan. Untuk mencapai kondisi akustik ruang dan tata suara yang optimal dengan seluruh parameter yang telah disebutkan di atas, dibutuhkan perhitungan dan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak (software) khusus seperti CATT Acoustic atau EASE sebagai peralatan bantu dalam menentukan material tambahan, bentuk ruang, dan sistem tata suara.

Cntoh Gambar Geometri ruangan pada Software simulasi CATT

Contoh Gambar Geometri ruangan pada Software simulasi CATT


12 Responses to “Konsultan akustik? Apa perlu?”


  1. 1 Tomo Pramono
    Mei 12, 2010 pukul 4:57 am

    To mas Chandra,
    Sy membutuhkan konsultasi dan mungkin blueprint untuk kebutuhan soundsytem termasuk acoustic di Gereja saya yg cukup unik.
    Gereja berlokasi di Pamulang, Tangerang.
    Bagaimana bisa berkonsultasi dengan Anda dan prosedurnya.
    Tks,
    tomo pramono

  2. 2 chandrajd
    Mei 12, 2010 pukul 6:01 am

    Terima kasih pak Tomo.
    Untuk diskusi awal, bisa melalaui email.
    Salam
    CJD

  3. Maret 17, 2011 pukul 7:11 am

    Halo Bp Chandra, bisakah anda luangkan waktu untuk saya? saya bekerja di salah satu perusahaan multinational yang bernama Pyrotek Noise control, saya ingin belajar lebih jauh mengenai akustik terutama untuk market Indonesia, customer saya banyak yg memerlukan perhitungan akustik di mana kami hanya menjual produk2 akustic. kabari saya jika anda ada waktu hub saya di 08118891917

  4. 4 chandrajd
    Maret 17, 2011 pukul 7:22 am

    Salam kenal mas Irvan,
    Saya dengan senang hati bisa saling berbagi dengan mas Irvan. Saya juga ingin tahu lebih jauh product product dari perusahaan tempat mas Irvan. Mungkin bisa kita lanjutkan melalui japri.

  5. 5 Prijono
    Juni 1, 2011 pukul 3:23 pm

    maaf . .. tadi saya salah menyebutkan nama,
    tentu saja maksud saya adalah mas chandra . . . .

    salam
    Prijono

    —>
    Ngikut nimbrung nih Mas Chandra.

    Saya sendiri penggemar musik dan pas ada produk bwt peredam suara untuk ruangan (besar ataupun kecil). Kami menamakannya Yumen Board. Terbuat dari bahan2 alami, berupa lembaran board yang siap untuk di install. Terlebih dari itu produk tsb adalah hasil buatan lokal yang ditunjang oleh peralatan dan tehnologi Jerman, sehingga mutu dan harga dapat dibanggakan.
    Jika mas Chandra tertarik, saya dapat memberikan info lebih lanjut.

    Salam
    Prijono
    (Surabaya)

  6. 6 chandrajd
    Juni 3, 2011 pukul 2:14 pm

    Halo mas Prijono,
    Rasanya kami sudah lama mendengar produk Yumen Board ini. Cuma memang belum pernah kami aplikasikan dalam rancangan kami.
    Hal ini disebabkan kami kesulitan mendapatkan informasi spek teknis Yumen Board, seperti koefisen absorbsi untuk frekuensi 1/1 oktave. Hal ini sangat perlu dalam melakukan kalkulasi parameter akustik dan simulasi. Mungkin mas Prijono bisa bantu membagi informasi tersebut?
    Alangkah lebih baik lagi kalau kami bisa mendapatkan sample barang dan informasi warnanya, hal ini berkaitan dengan perancangan interiornya. Bagaimanapun usulan rancagan akustik aplikasinya tidak terlepas dengan rancangan interior.

    Salam
    CJD

  7. 7 rismauli napitu
    November 1, 2013 pukul 11:20 pm

    utk meredam kebisingan dr luar agr tidak mengganggu kekhusukkan ibadah, kami pakai glasswol (semacam kapas wrn kuning)-kain panil-gypsum perforated (akutik board yg berlubang) pada ke-2 sisi dinding dan plafond. utk memperindah interior, kami lapis bahan akustik tsb dengan plywood dan hpl di satu bagian dinding secara penuh dr bawah hingga atas. pakah dengan penutupan itu bisa mengurangi fungsi bahan akustk td yg berakbat ruangan kami tidak kedap suara lagi?mhn petunjuk.
    salam
    risma

  8. 8 chandrajd
    November 2, 2013 pukul 11:12 am

    Dear Risma,
    Seperti cerita Risma, kalau dimaksudkan hanya semata mata untuk mengurangi bising dari luar sebaiknya jangan menggunakan gypsum perforated. Pakai gupsum biasa saja, sehinggu Noise Reductionnya akan lebih besar. Silahkan dilapis HPL, tidak akan mengganggu performa insulasinya.
    Berbeda jika material yang sama juga dimaksudkan juga untuk mengurangi waktu dengung di dalam ruangan, maka pada sisi dalam harus ada permukaan yang terbuka sehingga glasswoolnya bisa juga sebagai absorber. Tentu ini akan mengurangi performa insulasi bisingnya.
    Salam

  9. 9 Hadi Wijaya
    Juni 10, 2014 pukul 11:05 am

    Hi pak Chandra. Apakah bapak juga menerima perencanaan utk akustik ruang ibadah ? Tx

  10. 10 chandrajd
    Juni 10, 2014 pukul 12:16 pm

    Hi pak Hadi, betul pak. kami juga punya beberapa pengalaman perencanaan akustik ruang ibadah.

  11. 11 bobby bagus
    April 22, 2015 pukul 1:08 pm

    hallo pk chandra salam kenal,.pertanyaan sy,gimana mengatasi pantulan di ruang studio musik [studio latihan].tx

  12. 12 chandrajd
    April 23, 2015 pukul 9:08 am

    Salam kenal mas Bobby.
    Pada dasarnya prinsipnya sama dengan ruangan lainnya mas. Kita harus menggunakan bahan penyerap yang dapat menyerap suara secara merata, mulai dari frekuensi tinggi sampai frekuensi rendah. Biasanya untuk itu kita tidak bisa menggunakan satu jenis treatment saja. Untuk yang frekuensi rendah biasanya membutuhkan ruang/space yang cukup di belakang treatmenntnya agar efektif menyerap frkuensi rendah.
    Mungkin yang perlu diperhatikan kalau studionya dipakai untuk latihan tentu waktu dengung yang ingin dicapai jangan terlalu rendah, jangan seperti studio untuk recording. Untuk itu mungkin sebagian dindingnya sebaiknya di treatment dengan difusor saja sehingga tidak semua dinding menyerap suara tetapi tetapi tetap terhindar dari cacat flatter.
    Demikian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori


%d blogger menyukai ini: